Berita STKIP Kumala

Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 9 Kreteria

Bandar Lampung, 25/7/19 - Dalam rangka persiapan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STKIP Kumala Lampung diwakili oleh Fajri Habibi, M.Pd. turut berpartisipasi dalam Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 9 Kriteria yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung pada 25 Juli 2019. 

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 berlangsung di ruang Rapat Sidang lt.IV Rektorat Universitas Lampung. Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan dalam program PT Asuh yang didikuti oleh STKIP Kumala Lampung. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru terkait dengan Instrumen Akreditasi Prodi versi 4.0 dengan 9 kriteria.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Kepala LP3M Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. menyampaikan bahwa ujung dari instrumen BAN-PT ini tidak lain untuk meningkatkan mutu kualitas layanan dan lulusan sarjana di perguruan tinggi. Sehingga persoalan input, output dan outcome-nya juga harus jelas. Kemuadian, pada instrumen akreditasi program studi ini tidak lagi menggunakan standar. Namun menggunakan kriteria.

Pada kesempatan ini, dua materi utama yang dibahas mengenai Laporan Kinerja Program Studi  (LKPS) yang disampaikan oleh Priyambodo, M.Sc dan Laporan Evaluasi Diri (LED) oleh Agung Putra Wijaya, M.Pd. Dalam paparanya, pemateri menyampaikan secara interaktif mengenai aspek, input, proses, output dan outcome-nya memiliki kriteria yang jelas dan terukur. Lebih lanjut, semua kriteria ini sebagai alat untuk mengukur keberhasilan bagi Perguruan Tinggi dalam proses akademiknya.