S1 Pendidikan Anak Usia Dini

 

IZIN PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI

Keputusan Kementrian Pendidikan dan kebudayaan No. 410/E/0/2012

TUJUAN PENDIDIKAN

Program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan :

  1. Menghasilkan tenaga pendidik untuk Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak (Child Care) dan SD Kelas Awal.
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan yang mampu mengelola Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak (Child Care) dan SD Kelas Awal.
  3. Menyiapkan peneliti pemula dalam bidang PAUD

 VISI


Menjadikan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Yang Berkualitas,Dalam Tingkat Bermain Sampai Tingkat Dasar Dengan Mewujudkan Perpaduan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Berkarakter kebangsaan pada Tahun 2018.


MISI


1. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi 

    melalui kurikulum,aplikatif dan inovatif dibidang pendidikan dan non pendidikan.

2. Meningkatkan kualitas Program Studi dengan menerapkan link and Match dengan

    kebutuhan tenaga pendidik dan non pendidikan Regional dan Internasional.

3. Mengembangkan program penelitian dan ilmiah dalam bidang pembelajaran ilmu   

    Pendidikan Anak Usia Dini.

4. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk menerapkan pengetahuan dan  

    ketrampilan Pendidikan Anak Usia Dini.

5. Mengembangkan ilmu Pengetahuan, Tehnologi dan seni yang menunjang         

    pengembangan bidang kependidikan Anak Usia Dini.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi Strata 1 (S 1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan memiliki :

  1. Memiliki kepribadian luhur dan ahlak muliasesuai dengan nilai-nilai agama, hukum, hak azasi manusia (HAM) dan kebudayaan Indonesia.
  2. Memiliki integritas kepribadian sebagai pendidik anak usia dini.
  3. Memiliki falsafah dasar tentang ilmu pendidikan khususnya konsep dasar,
  4. Sejarah, prinsip dan tujuan PAUD
  5. Memiliki pemahaman tentang karakteristik, prinsip, aspek, tahap, hukum dan tugas perkembangan AUD, memahami berbagai jenis permasalahan dan teknik penanganan masalah AUD, memahami berbagai jenis ketidakmampuan belajar (learning disability) dan keberbakatan pada AUD, Melakukan asesmen terhadap berbagai permasalahan AUD. Memahami kesehatan dan gizi untuk AUD,  Memahami proses pra-konsepsi hingga strategi perawatan anak untuk pengembangan potensi anak secara optimal, dan Memahami pendidikan AUD dalam keluarga.
  6. Memiliki pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran AUD. Meliputi pemahaman berbagai teori belajar dan strategi pembelajaran AUD, serta mampu mengembangkan media yang kreatif dalam pembelajaran
  7. Memiliki Pengetahuan tentang Keilmuan AUD. Meliputi : pemahaman tentang hukum dan perlindungan anak, pemahaman implikasi neuroscience terhadap pembelajaran AUD, pemahaman tentang sosio-antropologis terhadap pembelajaran AUD dan pemahaman konsep bermain bagi AUD
  8. Menguasai bahan ajar untuk AUD. Meliputi penguasaan  konsep dan pengembangan matematika, sains teknologi, ilmu sosial, bahasa, seni, motorik dan perilaku untuk AUD.
  9. Mampu mengelola kegiatan pembelajaran AUD. Meliputi penguasaan kurikulum, media pembelajaran, perencanaan pembelajaran, desain dan mengembangkan berbagai bentuk instrumen evaluasi dan menguasai pengelolaan kegiatan pembelajaran AUD.
  10. Menguasai Manajemen lembaga PAUD. Meliputi konsep Leadership, identifikasi kebutuhan HRD,  organisasi kebutuhan Equipment lembaga, merencanakan keuangan, Supervisi Monitoring,  Evaluasi Program dan PAUD
  11. Mampu melakukan penelitian tentang PAUD. Baik model penelitian sederhana Maupun penelitian kaji tindak
  12. Mampu bekerjasama dengan komunitas AUD
  13. Memahami latar belakang keluarga dan budaya masyarakat
  14. Mengembangkan kerjasama dengan orang tua, masyarakat dan penyelenggara program pendidikan dini lainnya.
  15. Berperan serta dalam kehidupan masyarakat lokal, nasional dan internasional.
  16. Memiliki wawasan sosio-kultural.
  17. Berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

KRITERIA LULUSAN

Mahasiswa ditetapkan sebagai lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jika telah menempuh minimal 8 (delapan) semester dengan bebab SKS kurang lebih 150 SKS termasuk skripsi. Indeks prestasi semester yang diperoleh mahasiswa menentukan jumlah SKS yang diambil untuk semester berikutnya. Indeks prestasi semester dan kumulatif dihitung berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan sekolah Tinggi.

GELAR PENDIDIKAN

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.)